Melatih Kemandirian Melatih Kesabaran

Melatih kemandirian kepada anak anak penuh dengan muatan kesabaran ekstra. Mengapa tidak? karena ketika proses melatih kemandirian pada anak anak juga melatih kita mengendalikan emosi sebagai orangtua. Dan menyadarkan kita bahwa mereka masih anak anak sekaligus menyadarkan kita kelak mereka akan menjadi apa dan bagaimana tanpa kita. Melatih kemandirian anak anak juga melatih kita untuk lebih kreatif mencari metode yang tepat agar tujuan dan target kita menjadikan anak mandiri tercapai tanpa anak anak merasa dipaksa.

Melatih kemandirian anak juga melatih kita tetap fokus menjadi orangtua, mengenang masa lalu kita dan latar belakang kita agar anak anak tidak mengalami hal yang kita alami dimasa kanak kanak kita.

Metode dan cara cara melatih kemandirina anak hrus disesuaikan dengan karakter tiap anak. Tidak ada yang sama. Dan itu juga tergantung kesiapan anak ketika akan berlatih. Kita bisa menanyakannya secara tidak langsung ke anak. Dan ketika ada sinyal bahwa ia siap, maka siapkan saja. Selain itu, kita sebagai ornagtua juga harus menghargai proses berlatih itu sendiri yang kadang jatuh bangun dan juga kadang tidak konsisten dilakukan oleh anak anak. Tidak mengapa, karena anak anak sesuai fitrahnya tetaplah anak anak. Mereka terus bertumbuh, dan pasti pertumbuhannya akan baik jika kita menghargai prosesnya. Tidak ada yang instant ketika kita melatihkan kemandirian ke anak dan langsung bisa praktek secara kontinue anaknya. Sekali lagi semua butuh proses panjang seiring pertumbuhannya. Orangtua adalah fasilitator yang mendampingi anak, sebaiknya juga melatih kemandirian emosionalnya sendiri ketika mendapati anak anaknya belum mandiri sesuai harapan dan ekspektasi. Tidak apa. mari belajar bersabar dan menghargai proses perkembangan dan bertumbuhnya anak anak kita menjadi manusia yang lebih baik.

Hal itulah yang kurasakan sebagai pelatihan dan catatan penting ketika melatih anak anakku untuk mandiri. Baik secara pribadi maupun sebagi anggota keluarga dan masyarakat.

#Aliran_rasa

#Bunda_sayang_IIP

#Level2

#melatih_kemandirian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s