Penghargaan atas kemandirian anak

Biasanya setelah mereka membantu ibu, ada reward yang bisa diberikan untuk mereka.Dan mereka akand itawarkan beberapa bentuk reward atas keberhasilan mereka menjaga kontinuitas mereka berlatih. Reward itu bisa berupa jalan jalan ke kebun raya bogor ketika hari libur misalnya, atau tracking disekitaran rumah  pada hari minggu pagi atau juga berupa makanan kecil buatan ibu.

Bentuk apresiasi atau peghargaan sebenarnya tidak penting buat mereka. Tapi yang terpenting adalah rasa dihargai itu yang bisa membuat nyaman dan bisa meningkatkan kinerja mereka.

Bentuk apresiasi lainnya yang langsung kuberikan adalah ucapan terimakasih dan pelukan. Atau terkadang elusan dikepala mereka dan tepukan di pundak.

Setiap latihan kemandirian untuk mereka juga sangat ku hargai prosesnya. Itu merupakan apresiasi tersendiri untukku secara pribadi. Sehinga aku tidak merasa tertekan atas kegagalan atau ketidaksanggupan mereka ketika berlatih. Aku berusaha untuk selalu belajar memahami bahwa mereka berkembang. Bisa jadi memang mereka belum mampu disalah satu bagian, namun berhasil dibagian lain. “no body perfect’ itulah yang selalu kuingat jika mereka atau aku melakukan kesalahan atas pelatihan ddan penempaan diri ini. Akpun tidak sempurna. Dan selanjutnya aku tetap berlatih kemandirian dengan mereka. Namun dengan metode dan cara lain agar mereka tidak merasa disuruh atau dipaksa.

Begitulah sebagian latihan kemandirian yang dialami anak anakku. Banyak hal kupelajari dari setiap bentuk latihan, tentang emosional mereka, prilaku baik mereka dan juga tentang kedisiplinan mereka serta ketaatan mereka pada aturan yang sudah disepakati.

#day17

#Level2

#Bunda_Sayang_IIP

#Melatih_Kemandirian

#tantangan_10_hari

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s